SISTEM UJIAN ONLINE (SUO)

Sistem Ujian Online atau yang dikenal dengan SUO merupakan salah satu alternatif bagi mahasiswa Universitas Terbuka (UT) yang ingin memperbaiki nilai tanpa harus menunggu waktu ujian reguler. Sebagai contoh, kita sebagai mahasiswa semester V dan ketika selesai mengikuti UAS semester tersebut, kita ketahui kalau salah satu mata kuliah pada semester V harus diperbaiki. Menurut tabel kurikulum Universitas Terbuka, biasanya (sebagian besar) mata kuliah yang ada di semester ganjil, waktu ujiannya akan sama dengan mata kuliah yang ada di semester genap berikutnya, tetapi biasanya mata kuliah yang ada disemester ganjil waktu ujiannya tidak akan bentrok dengan mata kuliah disemester ganjil berikutnya. Dengan kata lain, jika kita ingin memperbaiki nilai pada semester ganjil (I, III, V, VII, IX) maka kita harus memperbaikinya di semester ganjil juga, hal ini dilakukan agar mata kuliah tidak bentrok dengan paket mata kuliah yang diuaskan.

Sebelum Ujian, narsis dulu ah :D


Lalu bagaimana hubungan SUO dengan perbaikan nilai…?? Pada dasarnya baik SUO maupun ujian reguler tidak ada bedanya, hanya saja SUO waktu ujiannya berbeda dengan waktu ujian reguler, selain itu waktu dan mata kuliah yang ingin diujikan bebas dan kita tentukan sesuai dengan keadaan dan kesiapan kita, dengan catatan mata kuliah yang ingin kita SUO kan terdaftar dan ditawarkan oleh pihak Universitas Terbuka. Mengapa demikian, karena ada beberapa mata kuliah yang tidak bisa di SUO kan. Untuk melihat mata kuliah yang di SUO kan, bisa bapak/ibu download disini (Reg.2012.1).

Setelah kita melihat beberapa mata kuliah yang ditawarkan pada SUO, ada beberapa hal yang harus bapak/ibu ketahui. Apa saja sih…??? Yang pertama adalah proses registrasi atau pendaftaran SUO, kemudian yang kedua adalah proses aktivasi account kita yang nantinya akan kita gunakan untuk login ke server pusat Universitas Terbuka. Lalu bagaimana kalau kita tidak memiliki account/password..???  Jawabannya ya tentu saja kita tidak bisa login ke server pusat Universitas Terbuka, dan kita tidak bisa mengikuti ujian online tersebut.

Baik akan saya jelaskan terlebih dahulu bagaimana proses pendaftaran SUO. Tapi sebelum melangkah lebih jauh, saya berharap bapak/ibu yang ingin mengikuti SUO, sudah terbiasa menggunakan computer paling tidak menggeser dan mengklik kursor yang ada pada layar (pokoknya pernah menjalankan komputer). Langkah ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya. Ada dua alternative pendaftaran SUO, yang pertama adalah kita datang langsung ke UPBJJ setempat dan yang kedua adalah daftar melalui situs UT yang beralamat di http://student.ut.ac.id/.

Untuk bapak/ibu yang bisa mengoperasikan computer, dan sudah terbiasa dengan dunia internet, saya sarankan agar bapak/ibu mencoba mendaftarkan diri secara online. Akan tetapi bagi bapak/ibu yang belum terbiasa membaca atau masih asing dengan dunia internet saya lebih menyarankan agar mendaftarkan secara langsung ke UPBJJ setempat. Lalu bagai mana proses pendaftaran secara online? Pertama kita melakukan aktivasi akun terlebih dahulu. Apabila bapak/ibu ingin mengaktifkan account di situs Universitas Terbuka, panduannya bisa bapak/ibu diownload disini. Setelah melakukan aktivasi, bapak/ibu masuk ke menu UT OER, setelah itu nanti System Ujian Online. Ada pilihan mata kuliah yang ingin ditawarkan silahkan klik mata kuliah yang ingin bapak/ibu SUO kan, kemudian setelah itu pilih tanggal dan sesi waktu ujian. Setelah semuanya selesai, bapak/ibu tinggal melakukan konfirmasi ke UPBJJ baik melalui telepon atau datang langsung kesana untuk meminta password login SUO nanti.

Mudah kan??? Kalau bapak/ibu masih bingung, bisa hubungi saya pada nomor telepon yang tertera di menu Contact.

Leave a Reply