INISIASI 4 MKDK4002

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

Intelek atau kemampuan berpikir berkembang sejalan dengan pertumbuhan saraf otak. Karena pada dasarnya menunjukkan fungsi otak, maka kemampuan intelektual dipengaruhi oleh kematangan otak yang mampu menunjukkan fungsinya secara baik. Kemampuan intelektual anak-anak berbeda dengan kemampuan intelektual orang dewasa. Hal ini tidak saja disebabkan karena orang dewasa tahu banyak tentang segala sesuatu, tetapi ada faktor penting yang membedakannya. Kemampuan intelektual berkembang sejalan dengan bertambahnya usia, sehingga selalu hal ini terdapat tahap-tahap perkembangan intelektual yang pada akhirnya dapat dikatakan bahwa tahap perkembangan yang satu berbeda dengan tahap perkembangan lain.

Tinjauan terhadap perkembangan intelektual anak sebenarnya tidak dapat dipisahkan dengan perkembangan bahasa. Keduanya saling berkait, karena bahasa. adalah manifestasi dari kemampuan intelektual, dan sebaliknya perkembangan intelektual dapat dipengaruhi oleh kemampuan berbahasa. Dalam dunia pendidikan di Indonesia, perkembangan intelektual dan bahasa pada diri anak seringkali diabaikan. Orang dewasa dan orang-orang awam disekitar anak hanya mampu menganggap mereka sebagai miniatur orang dewasa. Dunia anak sering diabaikan dan dianggap dunia penuh kebodohan. Hal ini tidak akan terjadi jika orang tua mau memahami bahwa anak-anak itu perlu waktu untuk berkembang. Bagaimanapun kemampuan intelektual dan bahasa pada anak hanyalah sebuah potensi yang masih harus dikembangkan. Makalah ini akan membahas bagaimana perkembangan intelektual dan bahasa anak. Untuk keperluan pembahasan, kedua potensi tersebut akan disampaikan secara terpisah.

Untuk lebih jelasnya, silahkan download materi lengkapnya disini

Leave a Reply