KUESIONER PENDATAAN SEKOLAH

Menindak lanjuti surat edaran dari Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu nomor : 420/2790-Selret/2015 perihal Pengisian Kuesioner Pendataan Sekolah Tahun Pelajaran 2015/2016.
Surat edaran ini saya terima langsung dari kepala sekolah disanggar, hal ini terjadi akibat kesalah pahaman antara informasi dengan kegiatan, padahal informasinya sudah jelas, tapi ya sudah lah, apa mau dikata, manusiawi jika seseorang memiliki argumen yang berbeda, akan tetapi jika perbedaan itu malah merugikan orang lain????? bagaimana???
Ada yang bertanya dapat sms tidak??? lah saya bingung sms apa??? tapi dilihat dari mereka-mereka yang bertanya sms, semertinya hanya dari wilayah tertentu saja, lah buktinya wilayah saya ga ada yang dapat. Ok tanpa banyak cingcong, monggo yang mau donlot formatnya.

Download Format Kuesioner

Hidup itu anugrah syukurilah

Di dalam perjalanan hidup di dunia ini kita selalu merasakan keluh kesah, selalu mengeluh di setiap harinya padahal kita sudah mendapatkan lebih dari cukup karena hidup itu anugrah maka syukrilah, kita mengeluh di karenakan selalu melihat ke atas tidak melihat ke bawah, ketika kita bekerja kemudian mendapatkan gaji yang kecil di bandingkan teman – teman yang lain di perusahaan yang berbeda kemudian kita mengeluh tidak bersyukur bahawa kita memiliki pekerjaan padahal di luar sanah ribuan orang berbondong bondong mencari pekerjaan tak kunjung mendapatkanya, ketika kita sedang berkendaraan dengan motor kemudian kehujanan dan kita pun basah terkena hujan kita mengeluh juga karena kita melihat kenapa kita tidak mempunyai mobil seperti orang – orang lainnya padahal jikalau kita punya mobil walau ada hujan tidak akan basah tubuh kita, padahal orang di luar sanah masih banyak yang tidak memiliki kendaraan setiap harinya berjalan kaki di dalam menjalankan hidupnya bahkan ada sebagian orang yang memang tidak bisa berjalan karena cacat

Nah begitu banyak contoh keluahan yang sebenarnya tidak perlu di keluhakan dan malah seharusnya kita syukuri, karena hidup itu anugrah maka syukurilah .

Keyakinan dan kekecewaan

Setiap orang pasti pernah kecewa dan dikecewakan.Namun dalam kekecewaan itu ,tidak semua orang mudah melupakan kekecewaan dan memaafkan orang yang mengecewakan nya ,mungkin karena ia terlalu sering di kecewakan.Adakalanya setiap orang bisa berubah dari kesalahan-kesalahan yang telah ia lakukan,namun tentunnya semua itu membutuhkan proses dan waktu yang cukup lama.Namun tak jarang juga,orang yang selalu mengulangi kesalahan-kesalahan nya karena mungkin ia tidak bersungguh-sungguh untuk merubah sikap menjadi lebih baik.Hal ini wajar saja,namanya juga manusia tak luput dari kesalahan.

Kembali lagi pada hal tentang kecewa dan di kecewakan.Sering ada yang bilang bahwa di balik kekecewaan pasti ada kebahagiaan yang menunggu,dan kita harus YAKIN itu.Kuncinya adalah Keyakinan yang kuat dalam hati kita.Sebaliknya apabila kita mengecewakan seseorang maka kita juga harus YAKIN dan berniat akan merubah sikap kita untuk menjadi lebih baik.Di balik kekecewaan harus ada keyakinan,di balik keyakinan inilah pasti ada kebahagiaan.Namun,jangan hanya mengandalkan rasa yakin dalam hati kita,kita juga harus membarenginya dengan usaha dalam perbuatan kita.Karena Tuhan tidak akan merubah nasib suatu kaum,sebelum kaum itu sendiri merubah nasibnya.Jadi apabila kita mempunyai niat yang kuat dan di barengi dengan usaha untuk menjadi manusia yang jauh lebih baik,maka Tuhan pasti akan selalu mempermudah kita melalui jalan-NYA. Read the rest of this entry »

Mencoba vs. Membiasakan Diri

Saya yakin kalau teman2 disini udah banyak baca artikel ini-itu, belajar teknik di sana-sini, baca buku gratisan di toko buku mana aja, tapi kalau kalian hanya MENCOBA semua ilmu yang kalian dapatkan, saya YAKIN… ketika kalian dihadapkan pada KEGAGALAN, kalian langsung DOWN, MALES, OGAH, ahhh… ternyata ILMUNYA NGGAK BENER, bla…bla…bla…

Sekali lagi saya tegaskan, jangan suka COBA-COBA. Lha terus gimana…??? BIASAKAN DIRI kalian untuk ACTION, menerapkan ilmu yang kalian dapatkan. MEMBIASAKAN DIRI sudah pasti beda dengan MENCOBA. Ibarat kita MENCOBA salah satu makanan, kalau ENAK, lanjut, kalau gak ENAK, langsung berhenti. Kalo MEMBIASAKAN DIRI, lain lagi. Anggap aja kita baru aja pindah tugas ke luar kota. Makanannya masih nggak cocok dengan lidah kita. Tapi karena kita bertekad untuk MEMBIASAKAN DIRI, lama-kelamaan makanan itu jadi enak juga, kan? Lalu bagaimana dengan kalian? Sudahkah kalian MEMBIASAKAN DIRI untuk menjadi PRIA IDAMAN?

Max Coco

Nggak ada satu proses sempurna

Suatu malam gw pengen tau apakah benar yang kita pikirkan bisa jadi kenyataan. Satu hal simpel yang mengubah persepsi gw terhadap yang namanya sebuah PROSES. Gw sedang pengen ngemil, yang muncul di pikiran adalah biskuit nenas.  Gw tau persis bentuknya, gw tau persis dimana dijualnya, sampai-sampai gw tau persis di posisi rak mana letaknya bungkusan biskuit ini di minimarket, saking penasarannya gw bahkan sampe rencanain posisi parkir motor gw.Sekarang gw udah punya gambaran konkrit proses detail perjalanan gw untuk dapat cemilan ini. Gw udah punya target/goal, perencanaan yang matang, lantas gw keluarin motor menuju supermarket, gw dapet posisi parkir yang gw mau. Tapi apa yang terjadi? The biscuit isn’t there! Gw nggak putus asa, gw cari di minimarket lain yang ternyata juga ada. Lihat, ini udah diluar rencana awal gw. Tapi yang nggak berubah adalah gw capai tujuan awal gw.Kita semua pasti pernah alami ini. Tujuan udah ditentukan, rencana udah fix dibentuk. Tapi banyak yang pada prosesnya menyimpang dari rencana awal. Dan banyak dari kita terus mencoba tetap di jalur rencana awal. Saat terjadi kegagalan, coba lagi cara yang sama, coba lagi jalan yang sama atau bahkan ada yang malah nyerah dan berhenti. Sadari kalau kita nggak akan pernah mendapatkan sebuah proses sempurna yang benar-benar berjalan sesuai dengan apa yang kita bayangkan. Tapi jadilah fleksibel dalam hal proses mencapai sesuatu. Jangan ubah tujuannya, tapi ubah cara mencapai tujuan tersebut.

Grenseal

Sedikit tentang Karma

RF, percaya ga kalo nyakitin seseorang pasti ada balasnya alias KARMA?

Jawab:

Terus terang saya tidak terlalu peduli hal itu karena saya berfokus kepada cinta, bukan balas karma. Ada atau tidak nya dan bagaimana mekanisme nya, KARMA kerap dijadikan alasan oleh orang-orang yang sakit hati untuk menghibur diri. Ia pun kerap gunakan KARMA untuk salahkan orang lain atas rasa sakit yang kadang ia buat-buat sendiri. Benar atau salah, yang terpenting adalah tindakanmu, bukan mengharapkan balas dengan “mengutuk” orang yang menurutmu salah menggunakan karma. Dan jika karma memang ada, akan lebih baik jika kita berfokus kepada cara terbaik memberi cinta, agar karma berikan indahnya cinta, kembali kepada kita.

Ronald Frank

Kekecewaan adalah kebahagiaan yang tertunda

Ada saat dimana hidup tidak berjalan mulus seperti yang kita harapkan. Bahkan ada saat dimana hidup tampak BENGIS. Menyebalkan, memang. Namun disaat itulah kita punya pilihan. Pilihan untuk menyalahkan situasi, kondisi, takdir, nasib, pacar, mantan, gebetan, selingkuhan, negara, presiden, ekonomi, politik, agama, Yesus, Muhammad, Buddha, Krishna, ayah, ibu, keluarga, sahabat, penjahat, planet bumi, orang kaya, orang miskin, dan apapun yang mampu anda salahkan sesuai imajinasi anda, ..ATAU anda dapat memilih untuk TIDAK MENYALAHKAN siapa-siapa dan SADAR bahwa perubahan hanya akan datang jika anda melakukan sesuatu selain mengeluh dan menyalahkan.

Memang lebih mudah untuk menyalahkan dan melempar tanggung jawab daripada memegang tanggung jawab untuk bertindak. Namun keberhasilan, keberuntungan, kekuatan, kebahagiaan dan perubahan hanya akan datang mendukung mereka yang BERANI untuk TIDAK MENYALAHKAN siapapun serta memegang tanggung jawab untuk BERTINDAK. Hidup memang SELALU punya cara untuk membuat kita kecewa. Ada-ada saja hal diluar perkiraan yang tiba-tiba datang menghancurkan kerja keras, usaha, harapan dan kebahagiaan kita, yang membuat kita sedih, kecewa bahkan MENGUTUK hidup. Namun jika kita cukup bijaksana untuk MAU MELIHAT akan MENGAPA hidup itu BENGIS, maka kita akan melihat sesuatu yang berbeda. Read the rest of this entry »

Kalender Pendidikan SD TA 2015/2016

Hmm…. sudah lama nih ga nulis lagi, sekarang udah mulai nulis lagi, maklum pekerjaan lagi banyak ditambah kegiatan dirumah yang semakin padat, jadi sulit mencari cela untuk berkarya, bukan untuk menyerang.

Ok, langsung aja akhirnya selesai juga karya saya yang berikut ini, padahal datanya udah diterima sekitar seminggu yang lalu, tapi kok baru sekarang dikerjain, ea maklum aja data tersebut hanya bisa di tatapi, bukan dikerjakan, mudah-mudahan apa yang saya tulis bisa bermanfaat untuk temen-temen semua, silahkan bagi yang butuh download pada link di bawah ini, jangan lupa pilih sheet yang diinginkan, tinggal ganti nama sekolah dan nama kepala sekolahnya, enak toh, gampang toh… hehehehe. Jangan lupa tinggalkan jejak…

 

Download kalender pendidikan

Kegigihan dan Ketekunan, Kunci dari Kesuksesan

“Jalani Hidup dengan Sabar dan Tekun” itulah moto yang selalu dipegang teguh oleh M. Syarfi Hutauruk.

Walikota Sibolga, optimis dan penuh semangat, demikianlah sosok M. Syarfi Hutauruk, saat ditemui di acara Wisuda Universitas Terbuka (UT) Periode II Wilayah 1 Tahun 2015. Hadir sebagai wisudawan ia meluapkan kebahagiaannya lulus dari S2 Magister Manajemen SDM UT, di tengah kesibukannya sebagai walikota akhirnya ia dapat menuntaskan pendidikannya dengan nilai yang memuaskan.

Pria yang dikenal kritis ini menyukai dan mencintai organisasi semenjak dirinya masih bersekolah bahkan hingga perguruan tinggi. Makanya tidak heran dirinya pernah menjabat di berbagai organisasi bahkan terakhir beliau menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi IV DPR. “Saya dari kecil itu sudah terbiasa berorganisasi, baik di intra sekolah maupun di ekstra sekolah, di sekolah saya biasa jadi Ketua Kelas dan Ketua OSIS” tutur Pria kelahiran Pasar Sorkam, Tapanuli Tengah Sumatra Utara 09 Juli 1959 yang silam.

M. Syarfi Hutauruk menikah dengan Dra. Hj. Delmeria yang banyak aktif di berbagai kegiatan sosial. Saat ini dikaruniai 3 orang putera, Ilham Naufal, Raihan Fadhil dan Fairuuz Nauli.

Pendidikan formalnya dimulai di SD negeri pasar Sorkam (1973), Madrasah Tsanawiyah di Padang (1978-1979), Aliyah di Padang (1980), S1 di IAIN Imam Bonjol Padang (1986) dan S2 Magister Manajeman SDM di Universitas Terbuka (2015).

Sejak mahasiswa, aktif berorganisasi, antara lain aktif di Senat Mahasiswa dan menjadi Ketua Cabang Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). M. Syarfi Hutauruk dalam kedinasan pernah menjadi Anggota DPR/MPR RI (1997-1999), Anggota DPR/MPR RI (1999-2004), Staf Setditjen Penerangan Umum Deppen RI (1988-2001). Dalam non kedinasan ia pernah menjadi Marketing Manajer PT Sarana Bakti (1986-2000) dan Wartawan Majalah Kartini (1986_1996).

Sebagai Walikota dan sebagai alumni UT ia bertekad untuk membahagiakan masyarakat terutama kampung halaman di Sibolga Tapanuli Tengah dan berusaha berbuat lebih banyak dalam meningkatkan pembangunan didaerah tersebut.

APLIKASI PENJARINGAN PROGRAM INDONESIA PINTAR

Untuk membantu meningkatkan pendidikan bagi masyarakat tidak mampu, Pemerintah membuat Program Indonesia Pintar sebagaimana yang tertuang dalam instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor: 7 tahun 2014. Program Indonesia Pintar adalah pemberian bantuan tunai kepada anak usia sekolah yang berasal dari keluarga kurang mampu yang ditandai dengan pemberian Kartu Indonesia Pintar (KIP) sebagai kelanjutan dari Program Bantuan Siswa Miskin. Kartu Indonesia Pintar diberikan kepada anak usia sekolah yang berasal dari keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dengan maksud untuk menjamin seluruh anak usia sekolah dapat menempuh pendidikan sampai lulus ke jenj ang pendidikan menengah. Monggo yang mau donlot, tinggal klik aja link dibawah ini, hehehe…

 

Download Juknis PIP